Telah dilaksanakan Training of trainers (ToT) cukai dengan tema Developing Effective Communication Skills Menjadi Agen Cakap Cukai” yang dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus 2020 melalui aplikasi zoom meeting.

Dalam webinar ini dihadirkan 4 (empat) narasumber sekaligus. Materi pertama disampaikan oleh Bapak Tedy Himawan selaku Kepala Subdirektorat Potensi Cukai dan Kepatuhan Pengusaha BKC dari Direktorat Teknis dan Fasilitas Cukai, disusul dengan materi kedua yang disampaikan oleh Bapak Ali Winoto selaku Kepala Seksi Potensi Cukai II dari Direktorat Teknis dan Fasilitas Cukai, dilanjutkan oleh Bapak Abdul Khakim selaku Kepala Seksi Potensi Cukai I dari Dit. Teknis dan Fasilitas Cukai, yang kemudian ditutup oleh Bapak Trimulyo Cahyono selaku Kepala Seksi Strategi Komunikasi dan Opini Publik dari Direktorat Kepabeanan Internasional dan Antar Lembaga.

Cukai masih menjadi hal yang asing bagi sebagian masyarakat. Masih cukup sulit untuk membedakan apa itu bea masuk, apa itu bea keluar dan apa itu cukai. Sulit untuk membuat masyarakat sadar akan pentingnya cukai apabila mereka saja belum memahami apa itu Cukai. Dan tentunya sulit juga bagi kita sebagai pegawai DJBC dalam mengedukasi masyarakat tentang cukai apabila kita sendiri belum memahami apa itu cukai.

Dalam webinar ini ditekankan strategi komunikasi dalam menjelaskan istilah cukai kepada publik, tidak jarang istilah dalam bea cukai sering tertukar di masyarakat, seperti istilah bea masuk menjadi cukai. Selain itu dalam pembuatan berita, penyampaiannya harus lebih dapat diterima oleh umum dengan istilah yang lebih sederhana dan tidak terlalu baku agar tidak terjadi lagi salah pengertian oleh publik.

Semoga banyak pelajaran dan pengetahuan baru yang bisa kita ambil sama-sama untuk menjadi bagian dari Agen Cakap Cukai. Diharapkan dengan pembekalan yang lebih mendalam tentang cukai dan cara penyampaiannya terhadap masyarakat yang diterima oleh para pegawai ini dapat meneruskan informasi kepada masyarakat yang lebih luas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *