Membangun Indonesia tidak bisa dilakukan sendiri. Butuh sinergi dan soliditas seluruh elemen bangsa Indonesia, khususnya antar instansi pemerintah (pusat dan daerah). Kerja sama dalam rangka melaksanakan tugas dan fungsi harus dilakukan bersama-sama supaya tujuan berbangsa dan bernegara dapat dicapai sempurna.

Pada siang hari tanggal 11 agustus 2020, Kantor Bea Cukai Amamapare yang terletak di cargodock mendapat kehormatan kunjungan dari Kepala Kejaksaan Negeri Mimika Mohamad Ridosan beserta rombongan yang disambut baik oleh Kepala KPPBC TMP C Amamapare I Made Aryana dan Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan Wahyu Mulyono.

Dalam kunjungan tersebut, topik yang dibahas yaitu tentang pengawasan pengapalan konsentrat di Pelabuhan amamapare. Seperti yang diketahui, komoditi utama di kabupaten mimika adalah konsentrat tembaga yang diproduksi oleh PT.Freeport Indonesia yang diekspor maupun dikirim lokal. Pengawasan dilakukan sebagai upaya peningkatan dan pengembangan ekspor serta mencegah pelanggaran dari sisi hukum.

Sebagai dasar dilaksanakannya pengawasan pengapalan konsentrat, telah tertuang dalam Surat Keputusan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan kabupaten Mimika nomor 510/014/SK/2018 tentang tim pengawasan pengapalan konsentrat di Pelabuhan amamapare tanggal 30 Oktober 2018. Anggota tim terdiri dari satuan kerja pemerintah daerah dan satuan kerja pemerintah pusat vertikal yang berada di mimika salah satunya adalah bea cukai amamapare.

Dalam diskusi ini I Made Aryana menjelaskan tata cara pengawasan dari sisi bea cukai yang dimulai dari cara menguji konsentrat yang dilakukan BLBC (Balai Laboratorium Bea Cukai) untuk dapat ditentukan kadar kandungan tembaga dan tarif bea keluar hingga dilakukan pemuatan konsentrat di kapal untuk dikirim.

Acara yang penuh nuansa keakraban dan kekeluargaan ini berjalan khidmat dan lancar, Bea Cukai Amamapare berharap kebersamaan pada siang itu semakin memperkuat soliditas dan sinergi dalam pelaksanaan tugas untuk Indonesia yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *