Mimika (03/08/2020) Pada sore hari pukul 15.00 WIT Kepala Bea Cukai Amamapare Bapak I Made Aryana melakukan kunjungan ke Disperindag Kabupaten Mimika dalam rangka silaturahmi serta membangun visi bersama untuk kegiatan ekspor di Kabupaten Mimika.

Ada beberapa poin yang dibahas pada sore tadi diantaranya adalah banyaknya potensi ekspor yang tidak bisa terealisasikan secara langsung di Kabupaten Mimika ini sehingga diekspor di wilayah lain diluar Papua. Dan juga eksportir yang ada belum menggunakan atau menyertakan Surat Keterangan Asal (SKA) dari Disperindag padahal ini berkaitan dengan Preferensi Tarif yang telah disepakati dengan negara lain sehingga barang komoditas kita dapat lebih bersaing dengan barang-barang lokal disana.

Oleh karena itu Bea Cukai Amamapare bersama dengan Disperindag berkomitmen untuk mengupayakan terwujudnya ekspor langsung dari Mimika di tahun ini dengan saling bertukar informasi dan akan dibangun klinik asistensi di Disperindag yang berkaitan dengan ekspor. Agar komoditi-komoditi lain seperti ikan, udang, dan kayu gaharu yang sudah ada potensi ekspor dapat terealisasikan ekspornya di Kabupaten Mimika.

Diharapkan dengan adanya visi bersama yang telah dibangun ekspor langsung dari Mimika untuk tahun ini dapat kita wujudkan dan dapat terus berkelanjutkan melahirkan eksportir-eksportir baru dapat meningkatkan kegiatan ekonomi di Kabupaten Mimika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *